Tips perawatan mobil dimusim hujan

Konsumsi Bahan Bakar New Mirage Capai 24.2 km/l
2 April 2017
Promo penjualan MITSUBISHI April 2017
15 April 2017

Tips perawatan mobil dimusim hujan

FB_IMG_1491529246403

Dimusim penghujan seperti saat ini tentunya akan merepotkan Anda untuk menjaga kebersihan mobil. Baru saja di cuci sudah terkena hujan lagi. Belum apabila mobil Anda melintas ditengah banjir atau genangan air yang cukup tinggi tentunya mempengaruhi tampilan yang tidak sedap dipandang hingga rawan karat pada rangka kendaraan. Berikut tips dan kiat merawat mobil saat musim hujan:

Setelah Terkena Hujan Jangan Langsung Di Lap

Ternyata air hujan banyak mengandung garam dan butir – butir kotoran halus yang tanpa Anda sadari dapat membuat mobil tergores. Karena itu sebelum mengelap mobil lebih baik basahi dulu bodi mobil dengan air bersih hingga merata. Kemudian, cuci mobil dengan shampoo mobil berbusa rendah dan bilas sampai bersih. Terakhir, gunakan lap khusus mobil untuk mengelap mobil Anda agar lebih cepat kering.

Cuci Mobil Setelah Terkena Hujan

Sebaiknya jangan meninggalkan kotoran atau garam dari air hujan selama lebih dari 3 hari, karena jika dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan timbulnya karat, jamur serta noda – noda air yang mengering.

Gunakan Pelindung Mobil

Cara ini merupakan cara terbaik, yakni dengan menutup bodi mobil menggunakan cover mobil saat mobil sedang tidak digunakan dengan begini, mobil kesayangan kita akan terlindungi dari air hujan. Selain air hujan, cover mobil dapat melindungi mobil dari debu dan sinar matahari. Benda ini merupakan barang wajib buat para pemilik mobil.

Bersihkan Seluruh Bagian Mobil

Bukan hanya bodi mobil saja yang penting untuk dibersihkan, di samping itu bagian – bagian seperti: engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin dan lain – lain juga harus diperhatikan kebersihannya. Jangan meninggalkan bekas air pada bodi mobil yang telah dicuci terlalu lama karena akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Periksa Sistem Pembakaran

Periksa seluruh sistem komponen pembakaran seperti tangki bahan bakar, saluran bahan bakar, pompa bahan bakar, saringan bahan bakar apakah perlu diganti atau tidak dan yang tidak boleh terlewatkan sistem pembuangan, gas buang, dan rangkaian knalpot. Pemeriksaan ini diperlukan untuk mengantisipasi adanya kebocoran yang bukan hanya akan membuang bahan bakar tapi, bisa membuat masuknya air ke dalam tangki bensin atau tabung dalam rangkaian knalpot mobil.

Periksa Sistem Pengapian

Cek saat pengapian dan lakukan penyetelan saat pengapian yang tepat. Periksa juga keadaan koil dan platina serta pastikan keadaan busi bebas dari kotoran. Gantilah kabel busi bila sudah bocor, keras atau terlalu tua. Pemeriksaan lebih detil dilakukan pula pada penutup busi, koil atau distributor. Bila bagian ini terdapat celah atau lubang, guyuran air akan mematikan kelistrikan mobil bersangkutan.

Periksa Sistem Kelistrikan

Periksa seluruh komponen listrik apakah sudah berjalan dengan baik atau adakah kabel yang mengelupas, putus, kendor, atau kerusakan lain. Masuknya air ke dalam sistem kelistrikan dan kabel akan menyulut terjadinya hubungan arus pendek dan membuat mobil segera mogok jika bagian ini basah.

Periksa Dinamo Starter

Periksa apakah motor starter berjalan dengan baik dan tidak tersendat – sendat. Hal tersebut dapat diketahui ketika mesin mobil sulit dihidupkan. Maka dari itu pastikan arus yang mengalir ke motor starter kuat untuk memutar motor starter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *